Turki Siap Kerja Sama dengan Taliban, Erdogan: untuk Perdamaian

Turki Siap Kerja Sama dengan Taliban, Erdogan: untuk Perdamaian

ANKARA - Turki menyambut kemenangan Taliban di Afghanistan. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun langsung menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan Taliban.

Erdogan mengungkapkan, dirinya menyambut baik pernyataan moderat yang dibuat oleh para pemimpin Taliban setelah mengambil alih Afghanistan.

Hal itu diungkapkan Erdogan dalam wawancara ekslusif yang disiarkan sejumlah televisi pada Rabu (18/8) waktu setempat.

\"Turki siap untuk semua jenis kerja sama untuk perdamaian di Afghanistan, kesejahteraan kerabat kita di negara ini dan perlindungan kepentingan Turki,\" kata Erdogan, dikutip dari Anadolu Agency, Kamis (19/8).

Dia menegaskan, keberadaan militer Turki di Afghanistan tidak akan sia-sia. Namun, da[at memperkuat pemerintahan Kabul yang baru di arena internasional.

“Tidak peduli siapa yang ada di pemerintahan, berdiri dengan Afghanistan di saat-saat suka dan duka adalah bentuk dan syarat persaudaraan,” kata Erdogan.

Erdogan juga mengungkap kemungkinan dirinya akan berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir pekan.

Turki adalah anggota NATO dan memiliki 600 tentara di Afghanistan. Yahoo News menulis, AS telah lama memandang negara ini sebagai sekutu kunci dan mitra yang sangat penting dalam hal interaksi dengan dunia Muslim.

Namun gaya kepemimpinan otokratis Erdogan telah menyebabkan ketegangan antara Washington dan Ankara dalam beberapa tahun terakhir. (*/RMOL)

Baca juga:

Gelut… Habib Bahar dan Ryan Jombang Ribut di Dalam Lapas

Ditawar Man City Rp2,4 Triliun, Kane Frustasi Atas Sikap Hotspur

Kasihan, Elang Penguasa Gunung Ciremai Terkapar Ditembak Pemburu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: